Senam Kaki Diabetik



A.    PENGERTIAN
Senam kaki diabetes adalah kegiatan atau latihan yang dilakukan oleh pasien yang menderita diabetes melitus untuk mencegah terjadinya luka dan membantu memperlancar peredaran darah pada bagian kaki (Setyoadi & Kushariadi, 2011; 119).

B.     TUJUAN SENAM KAKI DIABETIK
a. Latihan menguatkan sendi pergelangan kaki
b. Latihan menguatkan otot kaki
c. Latihan menguatkan otot intrinsik (jari kaki)
d. Memperbaiki sirkulasi darah
e.Mencegah terjadinya kelainan bentuk kaki
f.Meningkatkan kekuatan otot betis dan paha
g.Mengatasi keterbatasan gerak sendi

C.    INDIKASI DAN KONTRAINDIKASI
a.       Indikasi
Senam kaki ini dapat dibeikan kepada seluruh penderita Diabetes Melitus dengan tipe I dan II. Namun sebaiknya diberikan sejak pasien didiagnosa menderita Diabetes Melitus
b.       Kontraindikasi
1.      Klien mengalami perubahan fungsi fisiologis seperti dipsnu atau nyeri dada
2.      Orang yang depresi , khawatir dan cemas


D.    GERAKAN – GERAKAN SENAM KAKI DIABETIK
1.      Dalam posisi duduk
a.       Posisi duduk tegak di atas bangku dengan kaki menyentuh lantai



b.      Letakkan tumit di lantai , Jari jari kedua belah kaki diluruskan ke atas lalu dibengkokkan kembali ke bawah seperti cakar ayam sebanyak 10 x.


c.       Letakkan tumit salah satu kaki di lantai angkat telapak kaki lainnya , jari – jari kaki diletakkan di lantai dengan tumit kaki diangkatkan ke atas . Cara ini dilakukan bersamaan pada kaki kiri dan kanan secara bergantian dan diulangi sebanyak 10 x.



d.      Tumit kaki diletakkan di lantai . Bagian ujung kaki diangkat ke atas dan buat gerakan memutar dengan pergerakan pada pergelangan kaki sebanyak 10 x.


 
e.       Jari – jari diletakkan di lantai . Tumit diangkat dan buat gerakan memutar dengan pergerakkan pada pergelangan kaki sebanyak 10 x.



f.         Angkat salah satu lutut kaki, dan luruskan. Gerakan jari-jari ke depan, turunkan kembali secara bergantian ke kiri dan ke kanan. Ulangi sebanyak 10 kali.
g.        Luruskan salah satu kaki di atas lantai kemudian angkat kaki tersebut dan gerakkan ujung jari kaki ke arah wajah lalu turunkan kembali ke lantai.
h.        Angkat kedua kaki lalu luruskan. Ulangi langkah ke 8, namun gunakan kedua kaki secara bersamaan. Ulangi sebanyak 10 kali.
i.          Angkat kedua kaki dan luruskan, pertahankan posisi tersebut. Gerakan pergelangan kaki ke depan dan ke belakang.
j.          Luruskan salah satu kaki dan angkat, putar kaki pada pergelangan kaki, tuliskan pada udara dengan kaki dari angka 0 hingga 10 lakukan secara bergantian.

k.        Letakkan sehelai Koran di lantai. Bentuk kertas itu menjadi seperti bola dengan kedua belah kaki. Kemudian, buka bola itu menjadi lembaran seperti semula menggunakan kedua belah kaki. Cara ini dilakukan hanya sekali saja.
a.       Lalu robek koran menjadi 2 bagian, pisahkan kedua bagian koran.
b.      Sebagian Koran disobek-sobek menjadi kecil-kecil dengan kedua kaki.
c.       Pindahkan kumpulan sobekan-sobekan tersebut dengan kedua kaki lalu letakkan sobekan kertas pada bagian kertas yang utuh.
d.      Bungkus semuanya dengan kedua kaki menjadi bentuk bola.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat vidio di bawah ini


Komentar